Pameran konspirasa DKV ITB 2016

Himpunan mahasiswa DKV ITB (IPPDIG) mengadakan pameran hasil karya DKV ITB pada tanggal 22 – 24 Januari 2016. Pameran ini bernama konspirasa. Pameran konspirasa DKV ITB 2016 diselenggarakan di Gedung Indonesia Menggugat (GIM), Bandung. Pameran konspirasa ini berusaha menghadirkan fenomena, isu, fakta, informasi, dan aspirasi yang terjadi pada masyarakat atas peran penting desain didalam kehidupan sehari-hari.

Pada hari pertama, 22 Januari 2016, pameran konspirasa dibuka secara resmi pada pukul 19.00. Dibuka dengan sambutan dari beberapa pihak panitia dan dosen ITB. Pembukaan resmi pameran konspirasa pada hari pertama ini ditandai dengan pemutaran video mapping di luar gedung. Video mappping ini memutar animasi yang menggambarkan tema dari Konspirasa ini sendiri. Setelah diresmikan pengunjung mulai menikmati satu persatu karya mahasiswa DKV ITB yang terdiri dari 100 karya dengan berbagai tema seperti kamar mandi, dapur, keluarga, jalanan, pasar, taman, sekolah, ruang ibadah.

karya konspirasa 2016

Pada hari kedua, pameran konspirasa dimulai dengan presentasi karya terpilih sampai istirahat siang. Selanjutnya pameran konspirasa ini dilanjutkan dengan talkshow mengenai Teknologi dalam Desain Komunikasi Visual oleh Sony Budi Sasono dari S/VFX, Adi Panuntun dari 9 Matahari, Aditya Dwi Perdana dari Agate Studio dan yang terakhir Darryl Wilson dari Kumata Indonesia. Pameran pada hari ke dua ini juga diiringi oleh live music performance dari beberapa kelompok musik di Bandung. Semakin sore, pameran ini semakin ramai dikunjungi oleh penikmat seni di Bandung.

Sama seperti hari kedua, pameran ini pada hari ke tiga ini kembali dibuka dengan presentasi karya peserta pameran. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow bertema “Jejak Desain Komunikasi Visual di Indonesia” yang dimoderatori oleh Triadi Guntur dengan pembicara Indarsjah Tirtawidjaja, Ismiaji Cahyono, dan Andi Rahmat. Hingga sore hari, pameran diisi dengan bedah karya yang terakhir dimana para pengunjung dapat mengetahui latar belakang, konsep, proses, hingga eksekusi karya.

pengunjung konspirasa 2016

Pameran konspirasa DKV ITB ini dihadiri oleh lebih dari 1600 pengunjung dalam waktu tiga hari. Setelah acara ditutup, panitia menampilkan video screening mulai dari Pre-Event hingga hari terakhir pameran. Pameran Konspirasa ini ditujukan sebagai wadah interaksi antara masyarakat dan desainer komunikasi visual. Menunjukkan bahwa karya yang dihasilkan DKV ITB mampu menjadi solusi yang dapat dipahami masyarakat luas. Menyadarkan fungsi desainer komunikasi visual yang tidak hanya sekedar mengikuti perkembangan trend visual namun juga sebagai pemecah masalah dalam masyarakat.

Photo / Text : Yolanda Krisna Putra

Please follow our instagram : @wisata.bandung